Asal Usul Orang Nias

PULAU NIAS

Nias (bahasa Nias Tanö Niha) adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia. Pulau ini dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah ini merupakan obyek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, akuarium bawah laut, Gua panjang, batu megalit, kuburan penjajah, kesenian tradisional, lompat batu.

Pulau dengan luas wilayah 5.625 km² ini berpenduduk 700.000 jiwa dan terdiri dari 113 buah pulau-pulau. Pulau Nias Terletak 80 mil disebelah barat Pulau Sumatera di Propinsi Sumatera Utara.

Agama mayoritas daerah ini adalah Kristen Protestan. Pulau Nias saat ini telah dimekarkan menjadi 5 kabupaten dan kota yaitu :
- Kabupaten Nias, dengan ibu kota Gunungsitoli
- Kabupaten Nias Selatan, dengan ibu kota Teluk Dalam
- Kabupaten Nias Barat, dengan ibu kota Onolimbu
- Kabupaten Nias Utara, dengan ibu kota Lotu
- Kota Gunungsitoli

Tsunami & gempa bumi 2004 dan 2005

Pada 26 Desember 2004, gempa bumi Samudra Hindia 2004 terjadi di wilayah pantai barat pulau ini sehingga memunculkan tsunami setinggi 10 meter di daerah Sirombu dan Mandrehe. Korban jiwa akibat insiden ini berjumlah 122 jiwa dan ratusan keluarga kehilangan rumah.

Pada 28 Maret 2005, pulau ini kembali diguncang gempa bumi, tadinya diyakini sebagai gempa susulan setelah insiden Desember 2004, namun kini peristiwa tersebut merupakan gempa bumi terkuat kedua di dunia sejak 1965. Sedikitnya 638 orang dilaporkan tewas, serta ratusan bangunan hancur.

Hampir tidak ada bangunan perumahan rakyat di seluruh Pulau Nias yang tidak mengalami kerusakan akibat gempa itu.

Menurut Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Perwakilan Nias, bencana telah menyebabkan 13.000 rumah rusak total, 24.000 rumah rusak berat, dan sekitar 34.000 rumah rusak ringan. Sebanyak 12 pelabuhan dan dermaga hancur, 403 jembatan rusak dan 800 km jalan kabupaten dan 266 km jalan provinsi hancur. Sebanyak 723 sekolah dan 1.938 tempat ibadah rusak.

SUKU NIAS

KASTA
Suku Nias mengenal sistem kasta(12 tingkatan Kasta). Dimana tingkatan kasta yang tertinggi adalah “Balugu”. Untuk mencapai tingkatan ini seseorang harus mampu melakukan pesta besar dengan mengundang ribuan orang dan menyembelih ribuan ekor ternak babi selama berhari-hari.

ASAL USUL
Mitologi
Menurut masyarakat Nias, salah satu mitos asal usul, suku Nias berasal dari sebuah pohon kehidupan yang disebut “Sigaru Tora`a” yang terletak di sebuah tempat yang bernama “Tetehöli Ana’a”. Mitos tersebut mengatakan kedatangan manusia pertama ke Pulau Nias dimulai pada zaman Raja Sirao yang memiliki 9 orang Putra yang disuruh keluar dari Tetehöli Ana’a karena memperebutkan Tahta Sirao. Ke 9 Putra itulah yang dianggap menjadi orang-orang pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Nias.

Arkeologi
Penelitian Arkeologi telah dilakukan di Pulau Nias sejak tahun 1999 dan hasilnya ada yang dimuat di Tempointeraktif, Sabtu 25 November 2006 dan di Kompas, Rabu 4 Oktober 2006 Rubrik Humaniora menemukan bahwa sudah ada manusia di Pulau Nias sejak 12.000 tahun silam yang bermigrasi dari daratan Asia ke Pulau Nias pada masa paleolitik, bahkan ada indikasi sejak 30.000 tahun lampau kata Prof. Harry Truman Simanjuntak dari Puslitbang Arkeologi Nasional dan LIPI Jakarta. Pada masa itu hanya budaya Hoabinh, Vietnam yang sama dengan budaya yang ada di Pulau Nias, sehingga diduga kalau asal usul Suku Nias berasal dari daratan Asia di sebuah daerah yang kini menjadi negara yang disebut Vietnam.

MARGA SUKU NIAS
Suku Nias terdiri dari beberapa marga diantaranya : Amazihönö, Baeha, Baene, Bate’e, Bawamenewi, Bawaniwao, Bawo, Bohalima, Bu’ulölö, Buaya, Bunawolo, Dachi, Dachi Halawa, Daeli, Dawolo, Dohare, Dohona, Duha, Fau, Farasi, Gaho, Garamba, Gea, Giawa, Gowasa, Gulö, Halawa, Harefa, Haria, Harita, Hia, Hondro, Hulu, Humendru, Hura, Lafau, Lahagu, Lahomi, La’ia, Laoli, Laowö, Larosa, Lase, Lawolo, Lo’i, Lombu, Maduwu, Manao, Mandrehe, Maruao, Maruhawa, Marulafau, Marundruri, Mendröfa, Nazara, Ndraha, Ndruru, Nehe, Saoiago, Sarumaha, Sihura, Tafonao, Telaumbanua, Wau, Wakho, Waoma, Waruwu, Zagoto, Zai, Zalukhu, Zamasi, Zandroto, Zebua,  Zega,Zendratö.

MAKANAN KHAS
- Bawi Ni’unagö, Daging babi yang dikeringkan dengan pengasapan.
- Gowi Nihandro/Gowi Nitutu, Ubi tumbuk.
- I’a nibiniögö, ikan yang dibungkus daun dan dibakar.

About these ads

57 Tanggapan

  1. sejak kapan ada marga mandrehe di nias? Penyajinya kurang pengetahuan.

  2. taik mulah aq org mandrehe neh suka2mu aj buat marga org nias,,,!!!

  3. klo Mandrehe itu, nama kecamatan. Di kecamatan Mandrehe,,,, disitu terdapat marga Waruwu yg sebenarnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  4. LONTONG JUGA YG NULIS TENTANG NIAS NI MASA MAKANAN KHASNYA UBI…
    KAU BESAR GARA2 MAKAN NASI BUKAN UBI TRUS SAMA BAWI NIUNAGO…

    • heh !! cumi ! guobloqqqq buanget lu yeh , mata lu diselip di pantat seh ! ubi tuh terkenal di nias tinta cumi !!!!! luh yang gak paham seluruh sejarahnya ….. akhhhhh keripik taik babi !!!!

    • di nias itu makanan khasnya memang ubi (alias ubi tumbuk / Gowi Nihandro). tar gw laksanakan MANGANI BINU ke elo nih !!!!! ubi bukan makanan kampungan tapi benar bila dikatakan salah satu makanan khas nias !!!!!
      GUEBLEEEK !!!

      SALAM NIAS MERDEKA KETURUNAN2 DEWA !!!!

  5. dari mana kan sumber data anda bahwa makanan khas pulau nias ubi?

    • CUIIIIIIIIIIIII nih satu lagi masih mempertanyakan sumber makanan khas nias , heh u orang nias bukan seh ???? di nias itu makanan khasnya memang ubi (alias ubi tumbuk / Gowi Nihandro). tar gw laksanakan MANGANI BINU ke elo nih !!!!! ubi bukan makanan kampungan tapi benar bila dikatakan salah satu makanan khas nias !!!!!
      GUEBLEEEK !!!

      SALAM NIAS MERDEKA KETURUNAN2 DEWA !!!!

  6. Terimaksh info. Nmn spt kawan2 kritik diatas bhw salah satu nama marga itu, sy jg belum pernah mendengar marga mandehe. Setau saya, Mandehe , nama tempat.
    Semoga kritik dan saran yg disampaikan dpt berguna utk meninjau ulang. Sekali lagi, trmksh info di atas. Salam.

  7. info diatas tolong di review kembali.
    Ya’ahowu.

  8. Terimaksh info. Nmn spt kawan2 kritik diatas bhw salah satu nama marga itu, sy jg belum pernah mendengar marga mandehe. Setau saya, Mandehe , nama tempat.
    Semoga kritik dan saran yg disampaikan dpt berguna utk meninjau ulang. Sekali lagi, trmksh info di atas. Salam.

  9. nih gawat lw gtu!!

  10. Saya bangga atas sejarah nias ini,ya ahowu.

  11. menurut orang desa hiliganewo. orang nias berasal dari gomo. yg artinya perahu. jadi orang nias merupakan pelaut.

  12. apa hanya agama kristen saja yg ada di pulau nias tersebut ???

  13. Mia Melinda@ sekarang sudah ada agama lain.
    Tolong di koreksi kembali mengenai makanan khas orang Nias, Makanan diatas memang dimakan tetapi bukan makanan yang khas dari Nias, apabila anda tidak mengetahui makanan khas orang Nias, mohon jangan di publikasikan karena mengundang amarah dari orang Nias yang lain termaksud saya. Saya tidak mengakui dan tidak menerima bahwa Bawi ni’unagö, Gowi Nihandro/Gowi Nitutu, I’a nibiniögö, menjadi makanan khas Nias.

    • Heh mia gobl;oooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooook elu tuh keturunan NIAS bukan sih jangan bisa berkoar eh taunya anak keturunan yang udeh lahiran jakarta dan kebanyakan keselek bakso sih. Neh lu buka situs resmi dari wikipedia dan terbukti dapat dipercaya http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_nias , Gak usah malu kalo makanan khas kita ubi , dasar tolol !!!!!

    • HAELI HIA.GOD, on 13 April 2013 at 15:30 said:

      Heh mia gobl;oooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooook elu tuh keturunan NIAS bukan sih jangan bisa berkoar eh taunya anak keturunan yang udeh lahiran jakarta dan kebanyakan keselek bakso sih. Neh lu buka situs resmi dari wikipedia dan terbukti dapat dipercaya http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_nias , Gak usah malu kalo makanan khas kita ubi , dasar tolol !!!!!

  14. knp ya orng nias sendiri ga tau sebenarnya asal usul suku nias,,lahir di nias,,dibesarkan di nias dn menikah dengan satu suku nias.. makahny kebanyakan suku nias ga tau nenek leluluhurny sndri, beda dgn suku batak, asal usul jelas. Bravo suku batak,,

    • orang nias msih hanya mementingkan kekayaan diri sendiri,
      ga mw mencari tw asal dirinya yg sbenarnya……

  15. di mana tugu marga zendrato….???????

  16. siapakah yg membawa agama di pulau nias..
    dan knapa di pulau nias kita ada beragam macam agama
    apakah tak bisa satu agama..?

  17. jangan cuma bs nimbulin permasalahan tmend2..
    tp utamakan lh dlu mncari pemecahan masalahny..

  18. semestinya gak perlu dikritik tu guyz ..

    maunya kita memberi sran atau masukan kepada yang mnulis ini ..

    oc. I love Nias

  19. Benar, Kita harus dukung Nias. Terima kasih banyak buat saudara yang telah meluangkan waktunya untuk menulis dan menjelaskan sedikit tentang nias. I Love Nias…Tetap Semangat…

  20. yahowuu………

  21. Ya’ahowu talifuso…… :D

  22. Dimn kh sebenarnya asal usul NIAS .?

  23. aku suka pulau nias

  24. koq baru saya dengar marga mandehe itu y.
    Dari mana asal usulnya.

  25. dari mana asal usulnya marga mandehe itu.

  26. Marga Mandrehe dari mna asalnya???? kog baru dngar…….

  27. tapi q dger dri crita rank qta rank nias berasal dri kturunan china xg raja atau seorank kaisar d china. seorank kaisar itu mengusir putri ny kluar dri krajaan atau dri china , trus putri ini d usir sudah dlam keadaan mengandung , tba’ terdampar d sebuah pulau yaitu PULAU NIAS . jd q bingunk xg mna xg bner

    ya;ahowu

  28. YAAHOWU FEFU TALIFUSO, MAJU TERUS PULAU NIAS TUHAN YESUS MEMBERKATI….MEDI HULU

  29. I like Nias to be a leader in Indonesia in future. In near time, I like Nias become one Provinsi.

  30. aku aja bingung, marga aku ‘nakhe’ nggak disitu :)

  31. hmmm thanks ats informasiny

    aq pengen tw smua tentang nias, krn aq ga prnh ke pulau nias.
    pdhl Bapak aq marga giawa
    cm aq besar di Berastagi

  32. yahowu fefu banuada… salam knl..

  33. Ya’ahowu. Bravo buat org yg telah mempublikasikan asal mulanya Daerah kita ini yaitu suku nias karena dengan itu anda telah mengingatkan kami kembali untuk lebih mengenal lebih dalam lagi tetang Budaya dan cirikhas suatu Daerah atau Suku karena sebenarnya smpai sekarang ini pun masih banyak saudara2 kita khususnya Masyarakat dinias yg msh belum tahu ttg asal usulnya pulau Nias, sehingga Banyak menimbulkan pendapat2 yg krg enak untuk di dengar ttg asal usulnya org nias.
    Jd oleh karena demikian marilah kita bersama2 untuk Bangkit, menjaga,membangun, dan melestarikan Budaya Nias ini. Ya’ahowu.

  34. Marga ono niha ini, bagaimana nenekmoyang kita membentuk sebuah marga.

    Dan menurutku satu lagi marga yang saya ketahui yaitu : WARAE.

    TERIMAKASIH YA’AHOWU…!!

  35. yaahowu ono niha, aku besta ndruru.
    pernah gak kepikiran buat mengekspos pulau nias secara nasional, dengan tidakan nyata kayak bikin peta pariwisata atau pameran kebudayaan dan pariwisata di event2 nasional? aku pengen tapi gak tau mau mulai darimana, ada yang punya misi yang sama gak..?? thanks…

  36. klaw gak tau asal-usul anak nias dan jg marga2 jgn bikin bahan crita kamu mendingan kamu jadi patung

    • OON BIAR SAJA SALAH YANG PENTING SUDAH BERUSAHA MENYEBARKAN INFO BAGUS BUAT NIAS AGAR DIKENAL BANYAK ORANG DAN SALAH DIKIT MAH WAJAR AJALAH DARIPADA ELO !!!!! MEMANG APA SEH YANG UDAH LU BUAT UNTUK SUKU KITA HAH !!!!!! DASAR BAWI LOH

  37. klw gak tau asal-usul anak nias, dan makanan chas nias, jg marga2 nias jgn bikin bahan crita km mendingan km jd patung

  38. Yaahowu.
    Article yg bagus untuk ilmu budaya Nasional. Saran sy kpd teman2 terpelajar, jgn terlalu banyak mngkritisi yg bs menimbulkan masalahsosial tanpa ada masukan yang baik,, tetapi marilah kita mngkritis dan memberikan masukan2 yg positif sebagai org berpengetahuan guna memperkaya artikel ini.

  39. O.o Sbnarx nias itu berasal dri mna si??
    klo mnrut w si orng nias tu brsal dri CINA karna org NIAS dan org CINA mirip.. :D

  40. Ya’ahowu Talifuso

  41. urutan desa gunungsitoli ke teluk dalam{ nias selatan}

  42. marga zebua itu mujawa-jawa ea……………………………..

  43. kau jangan sesuka hatimu membuat asal usul Nias goblok! aku ini juga orang mandrehe,dan asal kau tau mandrehe itu bukan marga melainkan kecamatan.
    jadi, kalau kamu tidak tau tolong tanya sama orang yang lebih tau dari kau.

  44. Ya’ah0wu,,,, :)
    Asal Usul Marga Waruwu Dari Mana Iah, ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: