Bupati Nias Barat A.A Gulo Sidak di Kantor Dukcapil

* Penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional Kabupaten Nias Barat

Bupati Nias Barat AA Gulo Sidak di Dinas Dukcatpil

Bupati Nias Barat, Bapak A. Aroziduhu Gulo, SH, MH meresmikan penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional bagi penduduk Nias Barat, pada tanggal 5 Mei 2011 di Onolimbu kemarin. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat, Tolosokhi Halawa, S.Pd dan Kepala Dinas DUKCAPIL Kabupaten Nias Barat, Sokhiaro Daeli, SE,M.Si yang memberikan laporan kependudukan Nias Barat.

Pada laporannya, Kepala Dinas DUKCAPIL Kabutapen menyatakan bahwa sudah dilakukan pendataan sebelumnya sejak tahun 2008 dan pemutakhiran data pada bulan November 2010, sehingga akhirnya diketahui jumlah penduduk Kabupaten Nias Barat berjumlah 94.468 orang yang terdiri dari 46.334 orang laki-laki dan 48.134 orang perempuan. Selain itu, Kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Nias Barat juga mengatakan ada 329 Kabupaten/Kota yang dapat mencetak NIK termasuk Kabupaten Nias Barat didalamnya dan sudah dapat dilakukan secara online.

Bupati Nias Barat menyambut gembira acara yang diadakan di Dinas DUKCAPIL Kab. Nias Barat. Pada sambutannya, Bupati Nias Barat mengatakan bahwa penetapan dan penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional bagi setiap penduduk, merupakan implementasi dan amanah dari pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 serta Peraturan Presiden RI Nomor 26 tahun 2008 serta Peraturan Presiden RI Nomor 35 Tahun 2011, bahwa pemerintah berkewajiban menetapkan dan memberitahukan kepada penduduk indentitasnya yaitu NIK ini. NIK adalah nomor identitas penduduk yang unik dan tidak seorangpun memiliki NIK yang sama.

Bupati Nias Barat juga menyatakan bahwa kegiatan Penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional adalah salah satu Program strategis Nasional 2010-2013 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Untuk mengawali program ini telah melibatkan banyak instansi. Sebagai program nasional, harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah kabupaten / Kota di seluruh Indonesia. Selanjutnya pada tahun 2012 adalah menerapkan KTP elektronik (e-KTP) dan tahun 2013 pemantapan administrasi serta persiapan PEMILU TAHUN 2014.

Bupati Nias Barat juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa NIK ini adalah tetap , tidak berubah dan berlaku seumur hidup. Karenanya kepada pemilik Bapak Bupati harap untuk tetap ingat dan menjadi identitas dalam setiap urusan dan pelayanan masyarakat dalam bidang apapun. Dan kepada Kepala Dinas Kependudukan, Bupati juga mengingatkan agar dilakukan perbaikan jika ada kekeliruan pada pendataan kependudukan tersebut.

Bupati Nias Barat berharap agar apa yang telah diraih oleh Nias Barat melalui Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2010, dengan penghargaan CITRA PELAYANAN PUBLIK, yang diberikan oleh Pemerintah SUMUT, agar lebih ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang.

Selain penerbitan NIK Nasional, dilakukan juga penarikan NIK Nasional pertama yang dilakukan oleh Bupati Nias Barat A. Aroziduhu Gulo, SH, MH kepada Agustus Gulo MH dari desa / kelurahan Hili Fodolo Kecamatan moro’o dengan NO KK : 1225041612100013. Dan oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Bapak Tolosokhi Halawa, SPd atas nama Ibena Marunduri dari desa/kelurahan Sirombu dengan no KK 1204090402080011 (Humas Nisbar).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: